home Home receipt Jurnalis receipt Pimpinan receipt Press Release phone Contact person Masuk Home Jurnalis Pimpinan Press Release Contact Masuk
Himpunan Humas Hotel

Sejarah Berdirinyaa Himpunan Humas Hotel (H3) 

Sejarah adalah bagian dari masa lalu dan menjadi penghubung masa kini. Sering digunakan sebagai penyegaran dan digunakan untuk memotivasi generasi berikutnya sehingga lebih memahami denyut nafas organisasi apalagi sebagai pengurus baru bisa menghayati dengan sepenuh hati, bagaimana rumitnya organisasi ini terbentuk. 


Sebagai salah seorang pendiri H3 yang ikut menggodok dan melahirkan organisasi H3 ini agar berkibar, saya akan bercerita tentang berdirinya Himpunan Humas Hotel kala itu. Masih segar dalam ingatan, awal mula ide berdirinya H3 ketika bertemu dengan Alm.Nyoman Pendit, beliau salah seorang pengurus di Persatuan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) di acara gathering Hotel Sales & Marketing Association (HSMA).

Menurut Alm.Nyoman Pendit, semua profesi perhotelan di PHRI sudah memiliki wadah asosiasi masing-masing seperti HSMA khusus Sales & Marketing, IHKA House Keeping, Engineering, HCMA Hotel Credit Manager Association, dan lain-lain, kenapa humas hotel belum punya wadah berkumpul atau asosiasinya? Kenapa belum membentuk? Kapan mau bikin? Berbekal berondongan pertanyaan dari Alm. Nyoman Pendit yang bersedia memberikan pengarahan, kami menjawab tantangan tersebut.

Akhirnya, berkumpulah para humas hotel untuk pertama kalinya pada tanggal 23 Februari 1995 di Hotel President Thamrin Jakarta. Dihadiri oleh  Sri Asmoro-Hotel Sahid, Reza Suryo & Romi-Hotel Shangrila, Silvana Marunduri-Hotel  Ibis Kemayoran, Dhany - Hotel Kartika Chandra, Ria Leimena, Andra, Stanley- Hotel Hilton , Nuraini Zaini - Hotel Horison Ancol Jakarta, Endah Wibowo-Hotel Sari Pan Pacific, Dina-Hotel Choice, Ningsih Chandra- Hotel President, dan PHRI dihadiri oleh Alm.Nyoman Pendit. 


Dalam pertemuan tersebut disampaikan wacana pembentukuan Himpunan Humas Jotel (H3) seperti profesi lainnya yang telah memiliki wadah organisasinya masing-masing. Tujuan pembentukan wadah berkumpulnya para humas hotel adalah dapat mempererat hubungan, saling bertukar informasi, sharing ilmu bagaimana bermitra dengan pers, membina hubungan internal dan eksternal, sebagai ajang forum saling mengenal Humas atau Public Relations dari hotel yang baru, dan banyak hal yang berkaitan dengan tugas kehumasan.

Untuk nama wadah, awalnya masih menjadi perdebatan karena Sri Asmoro mengusulkan nama HPRA ( Hotel Public Relations Association) dan enggan mempergunakan istilah H3 karena khawatir nanti akan menjadi singkatan yang diplesetkan menjadi Ha..Ha..Hi..Hi.

Para Humas di masa itu sangat concern dengan image yang akan timbul di belakang nanti. Di  era itu, profesi Public Relations masih baru dan agak-agak sedikit minor dalam tanda petik. Humas identik dengan dunia glamour, wajah cantik, rok pendek, dan stocking hitam. Untuk itu, kita sangat berhati-hati sekali menjaga image dan pencitraan. Selanjutnya, disepakati nama wadahnya Himpunan Humas Hotel ( Hotel Public Relations Association) 

Pertemuan perdana di Hotel President Thamrin Jakarta  menghasilkan kesepakatan pembentukan wadah dan dibentuk task force yang dikomandani oleh Sri Asmoro, Reza Suryo, Ningsih Chandra, dan dibantu Nuraini Zaini untuk menindak lanjuti pembentukan wadah para humas hotel.

 

KELAHIRAN HIMPUNAN HUMAS HOTEL 

Melalui beberapa kali pertemuan rutin di sela-sela pekerjaan harian humas hotel yang padat, dimulai sejak bulan Februari 1995- sampai bulan November 1995, pada tanggal 27 November 1995 lahirlah Himpunan Humas Hotel di Hotel Kartika Chandra. Kepengurusan Himpunan Humas Hotel dilantik langsung oleh Andi Mapisameng yang saat itu menjabat sebagai Dirjen Pariwisata Republik Indonesia. 

Kepengurusan Himpunan Humas Hotel yang pertama,yaitu:

  • Ketua: Sri Asmoro-Hotel Sahid, membidangi Organisasi dan
    Pembinaan
  • Wakil Ketua: Reza A Suryo-Hotel Shangrila, membidangi Litbang dan Humas
  • Sekretaris : Ningsih Chandra - Hotel President dan Miriam A.Taranteyn-Hotel Equatorial, 
  • Bendahara : Endah Wibowo Hotel Sari Pan Pacific dan Buryati HotelKristal,
  • Ketua Bidang Sosial: Nuraini Zaini-Hotel Horison Ancol Jakarta dan Dhani Hotel Kartika Chandra
  • Ketua Bidang Pendidikan : Harti Hadisumo-Le Meredien dan Uraini Umarjadi-Hotel Borobudur.

Pada saat pelantikan Himpunan Humas Hotel, juga diluncurkan logo H3  dan AD/ART yang dicetak dalam bentuk buku saku kecil yang memuat lengkap mengenai keanggotaan & Kepengurusan, khusus Bab V pasal 8 disebutkan:

1.Badan pimpinan dipilih oleh anggota dan terdiri dari : 
a. Pelindung - PHRI BPD DKI Jakarta 
b. Penasehat - terdiri dari GM yg berdomisili  diJakarta - ( Ketua Casa Grande ) 
c. Ketua Umum , wakil ketua, sekretaris I & II, Bendara I & II, 
d. Seksi - seksi yang dibutuhkan 

Wadah Himpunan Humas Hotel ini bertujuan sebagai wadah asah, asih, asuh, sharing ilmu, mempererat komunikasi para public relations dengan bergandeng tangan erat dalam satu keluaga besar yang kompak. H3 juga bisa menjadi sebuah asosiasi profesi yang kiprah eksistensinya diperhitungkan dalam forum industri pariwisata dan menjadi profesi yang menuntut profesionalisme, idealisme, kreatifitas, berdedikasi, loyalitas yang tinggi dan memajukan pencitraan yang positif pada dunia perhotelan.

Arti Logo H3 

Mengikuti saran dan arahan dari Alm.Nyoman Pendit dari PHRI. Kata-kata dalam bahasa Indonesia, yakni Himpuan Humas Hotel diletakkan di atas logo dan di bawah logo, kata-kata dalam bahasa Inggris Hotel Public Relations Association, lalu logo berada di tengah dibuat sesuai dengan tema "Pena Membangun Citra Pariwisata Indonesia ". Pembuat logo adalah Abunaser -Art Design Grafis dari Hotel Horison Ancol Jakarta. Waktu itu mendapat penghargaan sebagai pembuat logo dari Dirjen Pariwisata Bapak Andi
Mapisameng. Logo Himpunan Humas Hotel memiliki arti dan filosofi tersendiri yang berkaitan dengan profesi kehumasan.

 

Pena 
Pena dan gelombang elektromagnetik menjadi dua unsur utama yang berpadu dalam media komunikasi,informasi, dan publikasi 

Bintang
Cerminan atraksi dalam berbagai aktifitas HUMAS dan sumber motivasi serta kreativitas 


Biru
Cerminan wawasan HUMAS yang luas dan berkepribadian  sebagai putra-putri Indonesia sejati

Humasapps
Thursday 28 September 2017
© 2017 Humasapp.id. All rights reserved.